Seno Gumira Ajidarma Week

Latar Belakang

Dalam dunia kepenulisan nama Seno Gumira Ajidarma adalah salah satu nama sastrawan yang dikenal sejak pertengahan tahun 70an di Indonesia. Karya-karyanya yang telah mendapatkan banyak penghargaan diantaranya: Cerpen Pelajaran Mengarang terpilih menjadi Cerpen Terbaik Kompas 1993, SEA Write Award (1997), Cerpen Saksi Mata Mendapat Dinny O’Hearn Prize for Literary (1997), Cerpen Cinta Di atas Perahu Cadik terpilih menjadi cerpen terbaik Kompas 2007.

Novelnya yang berjudul Sepotong Senja Untuk Pacarku, mendapatkan banyak tanggapan yang positif dan dinilai sebagai novel romantis. Salah seorang friendlist Millis Seno Gumira Ajidarma memberi komentar : Sepotong Senja Untuk Pacarku membawa ku pada dimensi lain yang menawarkan ruang-ruang indah untuk termenung, memahami, dan mengusik eksistensi tentang cinta.

Pembacaan pada sebuah karya kerap kali membuat inspirasi kepada pembaca untuk turut pula mengekplorasi diri untuk berekspresi dan menumpahkan hasil baca menjadi sebuah karya. Seperti yang diakui oleh Ayu Magdina bahwa dengan membaca tulisan-tulisan Seno Gumira Ajidarma, hatinya selalu terdorong ingin ikut menulis.

Tidak ayal lagi nama Seno Gumira Ajidarma yang semakin dikenal lewat tokoh ceritanya Sukab dan Alina ini memiliki banyak pengagum. Yang kemudian para pembaca Seno Gumira Ajidarma ini membentuk sebuah group jejaring komunikasi berupa milis. Anggota milis ini kemudian membuat sebuah blog yang menyajikan karya-karya Seno Gumira Ajidarma yang beralamat http://www.sukab.wordpress.com.

Nampaknya kecintaan dan kekaguman pada sebuah karya tidak hanya memberikan inspirasi tetapi juga seperti memiliki sahabat dekat bagai keluarga. Rasanya akan menarik jika ruang kreasi sesama diantara pembaca karya SGA dalam suatu waktu dipertemukan. Dan tidak hanya sekedar bertemu, berkumpul tetapi juga sama-sama menikmati karya dalam sebuah ruang yang konkret.

Tema Acara:

SGA (Seno Gumira Ajidarma) WEEK

Waktu & Tempat:

Waktu : Sabtu-Minggu, 9-10 Oktober 2010

Tempat : Goethe Institute/TIM

Maksud dan Tujuan

Kumpul Pembaca Kami meyakini ada banyak sekali pembaca atau penikmat karya SGA di seluruh pelosok nusantara ini. Maka dari itu kami berkeinginan untuk mempertemukannya dalam satu ruang. Tidak hanya sekedar untuk bertukar cerita melainkan juga untuk berbagi pengalaman, tafsir atas karya-karya SGA. Acara Dalam acara yang bertema SGA Week ini akan ada beberapa acara yang akan dilangsungkan diantaranya:

1. Diskusi Buku

  • Trilogi Insiden
  • Nagabumi
  • Cerpen Clara

2. Pemutaran Film

  • Sebuah Pertanyaan Tentang Cinta
  • FTV taxi Blues

3. Pertunjukan

  • Monolog : Sebuah Pertanyaan Tentang Cinta, Malamnya Malam, Sepotong Senja Untuk Pacarku, Jawaban Alina.
  • Pembacaan Cerpen : Joko Suwiwi, Sukab Menggiring Bola, Pelajaran Mengarang, Dunia Gorda, Kereta Senja,
  • Musikalisasi Puisi

4. Pameran

  • Buku Semua koleksi buku-buku karya SGA
  • Esai Tulisan dengan tema yang bebas, ditulis oleh para pembaca karya SGA, tafsir pribadi dari pembacaan terhadap karya-karya SGA, telaah sastra, share.
  • Foto Pameran foto hasil dari jepretan SGA. Disini juga akan menampilkan beberapa karya fotografi yang dibuat oleh para pembaca SGA, foto diharapkan mewakili salah satu karya SGA.
  • Komik-Sketsa Dari beberapa buku-buku karya SGA salah satunya adalah komik, ini akan menjadi medium yang unik, ketika para pembaca karya SGA yang (barangkali) suka membuat gambar, paling tidak berbakat membuat komik. Disini, akan dipamerkan komik hasil dari para pembaca yang tentu saja mengambil ilustrasi dari salah satu karya SGA.

5. Bazaar Buku

Informasi lebih lanjut, hubungi Maliya di sukab.event@gmail.com atau telp 021-94595526

17 pemikiran pada “Seno Gumira Ajidarma Week

  1. Zaenal : Oke Mas, silakan email no tel yang bisa dihubungin yaa…

    Yoanes :
    Ada. Tentu saja…
    Kita juga akan ada pameran koleksi semua buku SGA… bisa baca semua karyanya nanti disana.
    Sampai ketemu yaa…

    Salam,

  2. jakarta, jauh dari kotaku oi..
    nabung dulu ah..
    slama ini cm bc karyanya, nglihat fotonya dri dunia maya.. kali ini smoga bs bertemu langsung
    T_T jd terharu

  3. Lagi cari buku2 SGA, kalau ada yang mau jual slahkan bls pesan ini…judulnya silahkan di konfirmasi dulu..salam sukab

Tinggalkan komentar